5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Akuntansi Untuk Bisnis Anda

1 min read

Penggunaan software akuntansi atau aplikasi akuntansi sangat membantu untuk segala macam bisnis. Terdapat berbagai keuntungan ketika Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi akuntansi. Faktanya, secara global sebagian besar pebisnis mendapatkan keuntungan dari penggunaan aplikasi akuntansi.

Perangkat aplikasi akuntansi tentunya dapat diatur sesuai dengan jenis bisnis yang dijalankan, seperti bisnis perdagangan, industri, rumah sakit, konstruksi bangunan, dan berbagai jenis praktik konsultasi. Salah satu alasan banyak para pebisnis menggunakan aplikasi akuntansi adalah karena dalam mempertahankan bisnis diwajibkan untuk memilih pertimbangan-pertimbangan yang didasarkan pada laporan keuangan yang tentunya dihasilkan dari aplikasi akuntansi. Berikut lima keuntungan dari penggunaan aplikasi akuntansi:

5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Akuntansi Untuk Bisnis Anda

#1 Menghemat Waktu dan Tenaga

Keuntungan yang paling penting dari penggunaan aplikasi akuntansi adalah Anda bisa menghemat banyak waktu dan tenaga dibandingkan menggunakan pembukuan secara manual (tradisional). Dengan aplikasi akuntansi yang terkomputerisasi, pencatatan dokumen bisnis pada bagian frontend office dan rekaman transaksi kepada back-end office bisa dilakukan secara bersamaan. Misalnya, Anda bisa membuat faktur pelanggan, menyiapkan setoran bank dan mencatat cek dalam program aplikasi akuntansi, tanpa harus melakukannya secara konvensional.

#2 Kerangka Kerja Akuntansi yang Lebih Efisien

Dalam kerangka kerja akuntansi tradisional, segala catatan transaksi umum dan penyesuaian diolah menjadi laporan keuangan menjelang akhir tahun untuk tujuan penilaian kinerja, kebutuhan audit, dan kebutuhan administrasi lainnya. Sedangkan dalam kerangka pembukuan secara elektronik lewat aplikasi akuntansi, segala hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Hal ini juga memungkinkan manajemen untuk melakukan survei dan evaluasi pelaksanaan sistem keuangan bisnis kapanpun sehingga segala masalah terkait keuangan bisa teratasi dengan cepat.

#3 Manajemen Pencatatan Utang dan Piutang yang Lebih Baik

Dalam aplikasi akuntansi, terdapat salah satu fitur yang memungkinkan Anda mencatat piutang dan utang secara akurat dan mudah. Hal ini juga memungkinkan sistem dalam aplikasi akuntansi memproyeksikan posisi arus kas bisnis Anda di masa depan. Misalnya, jika perusahaan atau bisnis telah mencatat semua tagihan bisnis dan invoice pelanggan dalam program sesuai tanggal jatuh tempo mereka, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa apakah Anda memiliki cukup kas untuk melunasi tagihan yang sudah jatuh tempo. Dengan aplikasi akuntansi, Anda akan memiliki catatan tentang semua tagihan dan faktur. Aplikasi akuntansi sebagai alat perencanaan ini dapat membantu Anda meminimalisasi timbulnya piutang tak tertagih dan segala denda keterlambatan dari pelunasan utang Anda.

#4 Meminimalisasi Risiko Kesalahan Teknis Pencatatan Transaksi

Ketika Anda menggunakan sistem akuntansi yang terkomputerisasi, beberapa kesalahan seperti kesalahan dalam menghitung nominal angka pada invoice atau kesalahan penulisan (typo) akan terminimalisir. Ketika aplikasi akuntansi memproses suatu faktur yang terintegrasi dengan nilai pajak, secara otomatis sistem akan menghitungnya secara akurat. Keuntungan tersebut sangat bermanfaat ketika Anda menangani transaksi yang sangat banyak.

#5 Pengorganisasian Data-Data Transaksi

Jika Anda masih menggunakan pencatatan manual (tradisional), risiko seperti hilangnya faktur yang sudah tercatat bisa saja terjadi. Dengan aplikasi akuntansi, segala pencatatan akan dikumpulkan dan dikonversi menjadi suatu data digital. Data digital tersebut akan disimpan dengan aman dan rapi secara otomatis oleh aplikasi akuntansi. Sehingga suatu waktu jika Anda ingin meninjau kembali suatu faktur atau invoice, Anda bisa mencarinya dengan mudah hanya dengan mengetik nama pelanggan atau tanggal transaksi terjadi pada kolom pencarian.

Dengan aplikasi akuntansi, seluruh tugas-tugas terkait akuntansi akan dimudahkan dan terhindar dari segala kesalahan-kesalahan teknis seperti salah pencatatan dan lainnya. Dewasa ini, begitu banyak developer yang menawarkan produk aplikasi akuntansi. Tentunya Anda harus cermat dalam memilih aplikasi akuntansi bagi bisnis Anda.

>>> Download Aplikasi Akuntansi Gratis, Klik Disini <<<