9 Strategi Sukses Mengembangkan Usaha Bagi Pebisnis Pemula

Bagi pengusaha yang baru saja merintis usahanya, mengembangkan usaha adalah fokus utama dalam membangun bisnisnya.

Namun menurut sebagian besar orang, mengembangkan usaha bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Karena mengembangkan usaha membutuhkan kesabaran ekstra dan semangat pantang menyerah untuk senantiasa mencoba dan terus mencoba.

Sebagai seorang pengusaha, resiko kegagalan memang hal yang tidak mungkin dapat dihindari. Tak ada satupun pebisnis yang luput dari kegagalan. Sehingga para pebisnis harus memiliki perencanaan dan perhitungan yang matang sebelum mengambil keputusan dalam strategi mengembangkan usaha yang sedang dirintisnya.

Berikut beberapa strategi yang dapat dilakukan para pebisnis yang baru merintis bisnisnya, agar dapat mengembangkan usaha di tengah persaingan yang ketat dalam dunia bisnis. Diantaranya:

1. Lakukan Perencanaan dengan Baik

 

Sebagai pebisnis baru, tentunya Anda kurang memiliki pengalaman dalam membuka usaha. Untuk menghindari atau meminimalisir resiko, lakukanlah perhitungan dan pertimbangan dengan cermat terhadap rencana-rencana Anda sebelum melangkah dan mengambil keputusan untuk mengembangkan usaha Anda.

2. Berpikir Kreatif dalam Strategi Pemasaran/Marketing

  •  

Suatu usaha tidak akan bisa berkembang dengan sendirinya, sehingga kreativitas sangat diperlukan bagi pebisnis untuk mengembangkan usahanya.

Kenali target pasar Anda, selanjutnya susunlah ide-ide kreatif agar Anda bisa lebih kuat menghadapi para kompetitor dan berhasil dalam mengembangkan usaha Anda.

3. Fokus pada Tujuan Awal Membuka Usaha

 

Dalam merintis sebuah usaha, diperlukan tekad yang kuat agar bisa berhasil mencapai hasil yang sesuai harapan. Jatuh bangun dalam berbisnis adalah hal yang wajar.

Sehingga dalam kondisi apapun Anda ketika merintis usaha, tetaplah fokus pada tujuan awal. Dengan kesabaran dan semangat pantang menyerah, Anda akan mampu mengembangkan usaha Anda.

4. Dapatkan Investor

 

Mengembangkan usaha memang memerlukan modal yang tidak sedikit. Modal tersebut bisa didapat dari uang pribadi pemilik usaha, berhutang di bank, maupun investor yang tertarik dan bersedia bergabung untuk mengembangkan usaha Anda.

Presentasikan rencana kerja Anda dengan baik, agar banyak investor yang tertarik bergabung dengan Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam membangun dan mengembangkan usaha Anda.

5. Jaga Kualitas Produk Anda

Kualitas produk adalah hal utama yang menjadi penilaian para konsumen. Jika kualitas dari produk Anda bagus, besar kemungkinan para pelanggan akan setia menggunakan produk Anda.

Bahkan pelanggan juga bisa merekomendasikan produk Anda pada orang lain. Sehingga secara tidak langsung, para pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda akan membantu Anda dalam mengembangkan usaha.

6. Seringlah Melakukan Inovasi Terhadap Produk Anda

 

Berikan inovasi yang sesuai dengan perkembangan zaman terhadap produk Anda. Sehingga Anda sebagai pelaku usaha harus kreatif dalam menciptakan ide-ide atau terobosan-terobosan baru, agar produk Anda tetap diminati.

Melakukan inovasi pada produk usaha merupakan satu cara mengembangkan usaha, agar produk Anda tetap diminati masyarakat meski trend telah berubah.

7. Selalu Berikan Pelayanan yang Terbaik pada Customers

Pepatah mengatakan bahwa pelanggan adalah raja. Hal ini dapat dijadikan pedoman bagi seluruh pelaku bisnis, bahwa kepuasan pelanggan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam mengembangkan usaha.

8. Penawaran dengan Harga Khusus pada Pelanggan Setia Produk Anda

Setiap konsumen pasti akan tertarik dengan kata “diskon” ketika sedang berbelanja. Buatlah strategi penjualan dengan memberikan potongan harga khusus pada pelanggan yang setia menggunakan produk Anda.

Dijamin Anda akan berhasil megembangkan usaha, ketika konsumen merasa beruntung membeli produk Anda.

9. Manajemen Keuangan Yang Baik

Sebesar apapun pemasukan dari usaha Anda, jika tidak dibarengi dengan manajemen keuangan yang baik, akan sulit bagi Anda untuk mengembangkan usaha.

Karena manajemen keuangan yang baik dapat membantu Anda dalam menjaga stabilitas keuangan perusahaan, yang otomatis sangat berpengaruh pada tujuan Anda dalam mengembangkan usaha.

Saat ini telah tersedia berbagai macam software keuangan, salah satunya adalah The Jurnal. The Jurnal adalah aplikasi jurnal keuangan yang dapat membantu Anda dalam mengerjakan laporan keuangan usaha Anda. Dengan The Jurnal, pekerjaan Anda dalam membuat laporan keuangan akan lebih cepat dan mudah namun tetap dengan hasil yang akurat. Jika Anda tertarik, HUBUNGI KONTAK KAMI!! Anda juga dapat melihat demo software keuangan terlebih dahulu untuk mengecek menu dan fitur-fiturnya.

Download Demo Software Manajemen Keuangan Gratis, Klik Disini !!