5+ Kelebihan Aplikasi Kasir Untuk Bisnis │Gratis dan Super Mudah

4 min read

Teknologi berkembang sangat pesat dalam beberapa dekade terakhir, hal ini membuat hampir semua orang tidak dapat menghindarinya karena teknologi telah masuk ke semua lini kehidupan, termasuk di dalam dunia bisnis.

Teknologi memang diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan berbagai macam pekerjaan manusia sehari-hari, termasuk pekerjaan di dunia bisnis. Salah satu terobosan terbaru di dunia teknologi untuk perkembangan dunia bisnis adalah hadirnya sebuah alat yang bernama Aplikasi Kasir.

Aplikasi Kasir atau yang biasa dikenal dengan point of sale nampaknya saat ini sedang naik daun. Pasalnya, aplikasi kasir saat ini cukup di gandrungi oleh masyarakat terutama di kalangan para para pelaku usaha.

Saat ini, kedudukan aplikasi kasir nampaknya telah mampu menggantikan keberadaan cash register manual yang sebelumnya biasa digunakan oleh para kasir untuk membantu pekerjaannya dalam melakukan transaksi dengan para customers.

Mengapa demikian ???

Karena aplikasi kasir dinilai lebih efektif dan efisien untuk membantu pekerjaan para pelaku usaha dalam me-manage usahanya. Terlebih lagi aplikasi kasir berbasis android (point of sale) mampu membuat alat komunikasi kita (smartphone) menjadi alat komunikasi yang multifungsi. Karena selain digunakan sebagai alat komunikasi jarak jauh, juga dapat digunakan untuk membantu melakukan tata kelola pada usaha.

Baca : Manfaat Menggunakan Aplikasi Keuangan di Era Digital

5+ Kelebihan Menggunakan Aplikasi Kasir untuk Usaha

Bagi Anda yang akan menekuni maupun tengah menekuni dunia bisnis, simak 5 kelebihan dari aplikasi kasir untuk manajemen usaha Anda.

Berikut beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan aplikasi kasir atau point of sale dalam usaha. Diantaranya :

#1. Harganya Lebih Murah

Aplikasi kasir memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan alat sebelumnya yang biasa digunakan oleh para kasir. Bahkan ada beberapa aplikasi kasir yang bisa Anda dapatkan secara GRATIS hanya dengan menDOWNLOAD pada Google Play Store.

Baca : Tips Memilih Aplikasi POS Kasir Gratis

#2. Lebih Mudah Digunakan

Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus agar dapat mengoperasikan aplikasi kasir. Karena aplikasi kasir (point of sale ) merupakan aplikasi yang dibuat untuk android, sehingga Anda tidak lagi asing dengan cara pengoperasiannya karena dapat dipelajari secara otodidak.

Selain itu, aplikasi kasir (point of sale) dapat tersimpan di dalam smartphone yang selalu Anda bawa kemana saja. Penggunaannya lebih praktis sehingga Anda akan lebih mudah dalam memantau dan mengatur bisnis Anda karena semua tata kelola usaha berada langsung dalam genggaman Anda.

#3. Laporan Keuangan Lebih Rinci

Aplikasi kasir memiliki menu dan fitur yang terbilang lengkap, termasuk dalam hal pembuatan laporan. Anda hanya diminta untuk memasukkan beberapa data dasar, dan secara otomatis aplikasi kasir akan langsung menyelesaikan beragam laporan hasil usaha dengan cepat, akurat, rinci serta rapi.

Sehingga Anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membuat laporan keuangan secara manual, yang tingkat validitasnya juga lebih kecil jika dibandingkan dengan aplikasi kasir.

#4. Memudahkan dalam Melakukan Manajemen Stok Barang

Manfaat aplikasi kasir selanjutnya adalah memudahkan dalam manajemen stok barang yang dijual. Anda tidak perlu lagi mengecek stok barang Anda satu persatu, karena aplikasi kasir akan secara otomatis memberikan informasinya untuk Anda.

Jika Anda mampu me-manage stok barang dagang dengan baik, maka dipastikan Anda akan lebih jeli menangkap permintaan konsumen. Anda akan mengambil tindakan lebih cepat untuk memperbanyak jumlah stok barang yang banyak diminati dan mengurngi stok barang yang kurang diminati.

#5. Menghemat Waktu

Dengan menggunakan aplikasi kasir, seorang kasir dapat mencatat transaksi pembelian dengan lebih cepat dan tepat sehingga pelanggan tidak perlu antri terlalu lama.

Dalam hal pembuatan laporan, aplikasi kasir juga lebih hemat waktu, pikiran serta tenaga. Pembuatan laporan bisa dilakukan hanya dengan sekali tekan pada layar handphone Anda.

Aplikasi Kasir  “Program Kasir Super Mudah

Program Kasir Super Mudah adalah sebuah aplikasi kasir yang menggunakan android sebagai sebuah alat kasir (Point of sale) dengan cara pengoperasian yang mudah dan praktis serta memiliki fitur yang lengkap.

Aplikasi kasir~ Program Kasir Super Mudah cocok digunakan untuk berbagai macam usaha, seperti : warung, toko, bengkel, apotek, onlineshop, franchise, perusahaan, serta berbagai jenis usaha dagang lainnya.

Aplikasi Kasir~ Program Kasir Super Mudah ini bisa Anda dapatkan dengan mudah. Anda cukup DOWNLOAD secara GRATIS Program Kasir Super Mudah pada Google Play Store menggunakan smartphone Anda. Maka aplikasi kasir ini akan langsung menjadi milik Anda.

Aplikasi kasir~ Program Kasir Super Mudah akan sangat membantu pekerjaan Anda dalam mengelola usaha. Diantaranya : memudahkan dalam mengelola barang yang dijual; memudahkan dalam mengelola kategori barang; memudahkan dalam mengelola daftar pelanggan; memudahkan dalam proses transaksi bersama pelanggan, seperti penjualan, bayar utang dan return; memudahkan dalam pembuatan berbagai macam lapran hasil usaha, cetak struk bukti transaksi dengan mudah, serta beragam kemudahan lainnya.

Semua dapat Anda lakukan dengan lebih mudah, lebih praktis dan lebih hemat waktu karena semua tata kelola usaha Anda berada langsung dalam genggaman Anda. Sehingga Anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu, pikiran serta tenaga untuk mengecek dan mengontrol semua secara manual.

Menu dan Fitur dalam Aplikasi Kasir “Program Kasir Super Mudah

Aplikasi kasir~Program Kasir Super Mudah diciptakan khusus untuk Anda para pelaku usaha, dengan harapan agar dapat membantu pekerjaan Anda dalam mengelola usaha dengan lebih mudah.

Berikut menu dan fitur yang disuguhkan dalam aplikasi kasir~ Program Kasir Super Mudah, diantaranya:

#1. Menu Master

Di dalam menu master, Anda akan menemukan beberapa fitur dasar dalam pengelolaan data usaha. Diantaranya :

  • Identitas ─ yang digunakan untuk mengatur identitas usaha di dalam aplikasi
  • Kategori ─ digunakan untuk mengelola kategori barang
  • Barang ─ digunakan untuk mengelola barang yang dijual
  • Pelanggan ─ digunakan untuk memasukkan daftar pelanggan

#2. Menu Transaksi

Pada menu transaksi, terdapat tiga fitur yang akan membantu Anda dalam memasukkan serta menyimpan data transaksi bersama pelanggan, yaitu :

  • Penjualan ─ digunakan untuk mengelola data transaksi penjualan
  • Bayar Utang ─ digunakan untuk mengelola data pembayaran hutang dari pelanggan
  • Return ─ digunakan untuk mengelola data return barang

#3. Menu Laporan

Menu laporan ini berisikan berbagai macam data laporan hasil usaha. Diantaranya :

  • Laporan Pelanggan
  • Laporan Barang
  • Laporan Penjualan per Pelanggan
  • Laporan Penjualan per Barang
  • Laporan Penjualan per Kategori
  • Laporan Penjualan per Jenis
  • Laporan Pendapatan
  • Laporan Return
  • Laporan Laba Rugi
  • Laporan Hutang

#4. Export Excel

Fitur export excel ini akan memudahkan Anda dalm meng-export seluruh data usaha ke dalam Microsoft Excel.

#5. Cetak Struk

Aplikasi kasir~ Program Kasir Super Mudah juga melengkapi menu dan fiturnya dengan pencetakan struk. Cetak struk ini bisa Anda lakukan dengan mudah menggunakan printer Bluetooth yang mudah digunakan.

#6. Backup dan Restore Data

Fitur Backup Database digunakan jika Anda ingin berganti handphone. Sementara fitur Restore Database digunakan jika Anda ingin melihat kembali database yang telah di backup.

#7. Tanpa Koneksi Internet

Aplikasi kasir~Program Kasir Super Mudah ini offline, sehingga Anda tidak perlu tersambung dengan koneksi internet ketika mengoperasikannya.

Demikianlah  beragam menu dan fitur yang disuguhkan oleh aplikasi kasir~ Program Kasir Super Mudah. Diharapkan kehadiran aplikasi kasir ini dapat membantu pekerjaan Anda dalam mengelola usaha dengan lebih mudah dan efisien.

Manfaatkan aplikasi kasir~ Program Kasir Super Mudah sekarang juga. Nikmati berbagai macam menu dan fiturnya, serta nikmati pekerjaan yang lebih mudah dalam melakukan tata kelola usaha. Semua akan terasa lebih mudah karena semua tata kelola usaha berada langsung dalam genggaman Anda.