5+ Manfaat Menggunakan Aplikasi Persediaan Barang Bagi Pelaku Usaha

3 min read

Pekerjaan dalam mengelola persediaan barang pastilah tidak asing bagi para pelaku usaha, terutama bagi usaha yang melibatkan pengelolaan persediaan produk atau barang, baik produk buatan sendiri maupun produk yang dibeli dari agen (supplier) lain untuk kemudian dijual kembali.

Bagi suatu usaha, memiliki persediaan barang yang cukup adalah salah satu hal wajib yang harus diperhatikan agar usaha Anda dapat tumbuh dengan baik. Cukup disini dalam artian, persediaan barang yang ada tidak kurang maupun tidak berlebihan, sehingga sesuai dengan permintaan pasar.

Baca Manfaat Manajemen Keuangan Bagi Perkembangan Bisnis

Pekerjaan mengelola persediaan barang agar sesuai dengan permintaan pasar memanglah bukan perkara yang mudah, apalagi jika Anda masih mengandalkan tata cara manual dalam sistem pengelolaannya. Tentunya Anda akan menghabiskan banyak waktu, pikiran dan yang pasti tenaga akan terkuras habis untuk pekerjaan yang satu ini.

Tahukah Anda jika saat ini telah hadir aplikasi persediaan barang guna memudahkan pekerjaan Anda dalam mengelola stok barang?

Aplikasi Persediaan Barang ─ Inventory Stock

Ditengah kemajuan teknologi di abad ini, masyarakat mulai meninggalkan tata cara manual untuk kemudian berganti dengan memanfaatkan perkembangan teknologi guna meringankan beragam pekerjaan mereka. Salah satu teknologi terobosan terbaru yang hadir ditengah para pelaku usaha adalah aplikasi persediaan barang~ Inventory Stock.

Aplikasi persediaan barang~ Inventory Stock merupakan sebuah aplikasi berbasis android, yang berfungsi untuk membantu para pelaku usaha dalam mengelola stok barang dagang dengan cara yang lebih praktis dan mudah.

Aplikasi persediaan barang ini diciptakan dengan versi android, sehingga untuk mendapatkannya sangatlah mudah. Anda cukup menDOWNLOAD aplikasi Inventory Stock ini secara GRATIS pada Google Play Store menggunakan smartphone Anda.

Aplikasi persediaan barang~ Inventory Stock ini akan membantu Anda dalam mengelola persediaan produk atau barang dari usaha Anda, dengan cara yang lebih sederhana, praktis serta efisien. Sehingga Anda tidak lagi memerlukan banyak waktu untuk melakukan pengecekan persediaan barang secara manual yang tentunya akan lebih banyak menghabiskan waktu serta tenaga.

Aplikasi persediaan barang~  Inventory Stock saat ini akrab di kalangan para pelaku usaha, karena manfaatnya yang dinilai cukup besar bagi pekerjaan dalam pengelolaan persediaan barang. Anda hanya perlu memasukkan beberapa data dasar, selanjutnya semua akan dikerjakan secara otomatis oleh mesin, termasuk dalam hal laporan keluar masuk barang. Hasilnya juga jauh lebih akurat jika dibandingkan dengan mengerjakannya dengan cara-cara manual.

Beragam Fitur yang Tersedia dalam Aplikasi Persediaan Barang

Aplikasi persediaan barang~ Inventory Stock diciptakan dengan harapan dapat membantu para pelaku usaha dalam mengelola stok barang dagangnya dengan lebih mudah. Sehingga beragam menu dan fitur yang ada di dalam aplikasi Inventory Stock disesuaikan dengan kebutuhan para pelaku usaha.

Berikut beragam fitur dalam Aplikasi Inventory Stock yang kami sediakan untuk memudahkan pekerjaan Anda. Diantaranya :

#1. Petunjuk

Pada menu petunjuk dapat Anda gunakan untuk melihat berbagai macam pedoman dasar dalam penggunaan aplikasi persediaan barang~ Inventory Stock.

#2. Master

Di dalam menu master terbagi lagi menjadi enam macam fitur dasar penggunaan aplikasi Inventory Stock, yaitu :

  • Identitas digunakan untuk mengelola identitas usaha di dalam aplikasi
  • Kategori digunakan untuk mengelola kategori barang yang dijual
  • Satuan digunakan untuk mengelola satuan barang
  • Barang digunakan untuk mengelola seluruh barang yang dijual
  • Supplier digunakan untuk mengelola daftar supplier dalam usaha Anda
  • Pelanggan digunakan untuk mengelola daftar pelanggan

#3. Barang Masuk

Barang masuk digunakan untuk mengelola seluruh barang masuk (barang dari supplier), agar Anda lebih mudah untuk memantau barang mana yang banyak peminat dan barang mana yang kurang diminati. Sehingga dalam kulakan tidak sampai menimbun barang secara berlebihan, atau tidak sampai kekurangan barang.

#4. Barang Keluar

Barang keluar merupakan barang yang berhasil terjual. Fitur ini akan memudahkan Anda dalam melakukan pengecekan antara kesesuaian jumlah barang keluar dengan sisa barang di gudang.

#5. Laporan

Pada fitur ini, Anda akan dimudahkan dalam pembuatan berbagai macam laporan hasil usaha. Anda hanya diminta untuk memasukkan beberapa data dasar, dan selanjutnya aplikasi persediaan barang~ Inventory Stock akan mengerjakannya dengan cepat serta hasil yang lebih akurat.

Laporan hasil usaha yang disediakan dalam aplikasi persediaan barang~ Inventory Stock ini antara lain :

  • Laporan Barang
  • Laporan Supplier
  • Laporan Pelanggan
  • Laporan Barang Masuk
  • Laporan Barang Keluar

#6. Utilitas

Menu utilitas digunakan untuk mengatur data di dalam aplikasi, antara lain :

  • Backup Database

Fitur ini akan memudahkan Anda jika ingin berganti handphone. Anda bisa melakukannya dengan cara melakukan backup ke memori internal, sehingga data Anda bisa tersimpan pada folder/Internal Storage/Download

  • Restore Database

Restore Database dapat Anda fungsikan jika Anda ingin kembali melihat database Anda yang telah di backup.

  • Reset Data

Fitur ini bisa di pilih jika Anda ingin menghapus semua data perusahaan yang telah di input.

#7. Cetak Struk

Cetak struk dapat Anda lakukan dengan menggunakan printer Bluetooth yang mudah digunakan.

#8. Akses Tanpa Internet

#9. Export Excel

Fitur satu ini akan memudahkan Anda dalam meng-export seluruh data ke dalam bentuk Microsoft Excel.

5+ Manfaat Aplikasi Persediaan Barang ─ Inventory Stock

Setelah menjelaskan berbagai fitur yang tersedia dalam Aplikasi persediaan barang~ Inventory Stock, dapat diambil kesimpulan manfaat dari penggunaan Aplikasi Inventory Stock ini diantaranya :

#1. Efisiensi Waktu, Tenaga serta Pikiran

Cara kerja aplikasi persediaan barang~ Inventory Stock memanfaatkan teknologi mesin, sehingga semua dapat dikerjakan dengan cara yang lebih cepat dengan hasil yang lebih akurat.

#2. Meminimalisir Kehabisan Stok Barang atau Kelebihan Stok Barang

Dengan memanfaatkan Aplikasi persediaan barang~ Inventory Stock, Anda akan lebih mudah dalam melakukan pengecekan persediaan barang. Sehingga Anda dapat dengan segera melakukan pemesanan atau memproduksi persediaan barang yang rendah, dan mengurangi pemesanan atau mengurangi produksi barang yang persediaannya masih banyak.

#3. Memudahkan dalam Pengecekan Stok Barang

Penggunaan Aplikasi persediaan barang~ Inventory Stock, Anda dapat melakukan pengecekan stok barang dengan mudah, kapanpun dan dimanapun. Sehingga Anda tidak perlu menghasbiskan waktu untuk mengecek satu persatu persediaan barang di gudang secara manual.

#4. Memudahkan dalam Pembuatan Laporan

Aplikasi persediaan barang~ Inventory Stock akan memudahkan Anda dalam pembuatan laporan, baik laporan persediaan barang, pengiriman, laporan transaksi, maupun laporan pemesanan. Semua laporan dapat diselesaikan hanya dengan sekali tekan pada layar handphone Anda. Pengerjaannya cepat dan hasilnya akurat.

#5. Meminimalkan Pengeluaran dan Memaksimalkan Pendapatan

Melakukan pengecekan stok barang secara mudah untuk menghindari kelebihan stok dengan memanfaatkan Aplikasi persediaan barang~ Inventory Stock, otomatis akan mengurangi pengeluaran usaha Anda. Sehingga dapat memaksimalkan penjualan produksi atau barang perusahaan.

Demikianlah manfaat dari penggunaan Aplikasi persediaan barang~ Inventory Stock bagi usaha Anda. DOWNLOAD Aplikasi Inventory Stock sekarang juga dan segera rasakan manfaatnya bagi perkembangan usaha Anda.

Memantau, mengatur serta mengecek persediaan barang dapat Anda lakukan dengan lebih mudah, karena segalanya bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun hanya dengan sekali tekan pada layar handphone Anda.