Pengertian dan 5 Manfaat Laporan Jurnal Keuangan

1 min read

laporan keuangan

Dalam keseharian masyarakat di berbagai belahan dunia manapun, tidak akan lepas dari kebiasaan dan kebutuhan  transaksi jual beli barang maupun jasa yang pasti berhubungan dengan keuangan. Oleh karena itu setiap orang dirasa penting untuk memiliki laporan jurnal keuangan. Laporan jurnal keuangan merupakan laporan yang berisikan transaksi keuangan secara terperinci yang telah dilakukan seseorang dalam ranah pribadi maupun perusahaan, dalam kurun waktu harian, bulanan maupun tahunan.

#1. Pentingnya Laporan Jurnal Keuangan

Seiring perkembangan zaman, kebutuhan masyarakat semakin hari juga semakin meningkat. Dalam sehari, seseorang bisa melakukan transaksi keuangan belasan kali bahkan puluhan kali. Bagaimana dengan transaksi perusahaan? Pasti akan lebih banyak transaksi yang dilakukan, dan tentunya transaksi tersebut memerlukan pencatatan khusus agar keuangan perusahaan dapat terpantau dengan baik. Oleh karena itu, adanya laporan jurnal keuangan sangat penting bagi semua lini masyarakat, baik untuk hal pribadi maupun perusahaan. Laporan jurnal keuangan sebaiknya rutin dikerjakan agar kondisi keuangan dapat terpantau secara rutin.

Laporan jurnal keuangan pribadi sangat bermanfaat agar kita mengetahui apakah harta yang kita belanjakan sudah sesuai dengan kebutuhan kita, atau malah kita hamburkan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Sementara laporan jurnal keuangan bagi pebisnis juga merupakan salah satu kunci untuk menjaga stabilitas keuangan perusahaan, karena segala transaksi keuangan perusahaan akan tercatat dalam laporan jurnal keuangan.

#2. Manfaat Laporan Jurnal Keuangan

  • Dapat mengetahui dengan rinci keluar masuknya uang dalam satu periode tertentu
  • Laporan jurnal keuangan dapat membuat pemiliknya mengelola keuangan dengan baik
  • Laporan jurnal keuangan dapat digunakan untuk memantau kondisi keuangan secara rutin dan terperinci, sehingga dapat digunakan sebagai alat untuk pengambilan keputusan dalam hal keuangan pada perusahaan/pribadi di kemudian hari
  • Bagi seorang pengusaha, adanya laporan jurnal keuangan dapat digunakan oleh pemiliknya untuk memisahkan antara aset pribadi dengan aset bisnis.
  • Laporan jurnal keuangan juga dapat dijadikan tolak ukur untuk negara dalam menentukan perhitungan pajak bagi pribadi atau perusahaan.

Ringankan pekerjaan Anda dalam melakukan pencatatan serta membuat beragam laporan keuangan dengan cepat dan akurat menggunakan ProMoney.

ProMoney merupakan sebuah aplikasi akuntansi yang muddah dan praktis, berbasis android. Sehingga Anda bisa mendapatkannya hanya dengan menDOWNLOAD secara GRATIS pada Google Play Store menggunakan smartphone Anda.

Segera DOWNLOAD aplikasina dan segera buktikan beragam menu serta fitur istimewanya untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan.