Laporan Laba Rugi

Setelah terjadi transaksi penjualan antara pelanggan dan perusahaan sebagai hasil dari penjualan dikurangi biaya produk dan dikurangi biaya-biaya lain yang dikeluarkan. Bila ini berlaku untuk satu periode atau siklus bisnis yang terdiri dari sejumlah transaksi penjualan, maka penggambaran tersebut disebut seabgai Laporan Laba Rugi untuk periode tersebut. Sebagai catatan, penjualan sering disebut juga seabgai pendapatan.

Laba tersebut sebagai hasil usaha dapat positif, yang berarti penjualan itu menguntungkan, sebaliknya bila negatif ia disebut kerugian. Karena itulah, Drucker menyebut bahwa laba adalah faktor kritis yang memperlihatkan seberapa baik bisnis yang kita jalankan tersebut.

Model dari suatu Laporan Laba Rugi mempunyai komponen dasar yaitu blok ‘penjualan’ yang menunjukkan besarnya penjualan untuk satu periode tertentu. Komponen kedua dan ketiga ialah blok ‘produk’ dan blok ‘biaya’ yang menjadi pengurang dari penjualan dan menghasilkan blok keempat yaitu blok ‘laba/rugi’. Dengan demikian “Penjualan = Produk + Biaya + Laba”. Gambaran sederhana ini menjadi model dasar dari Laporan laba Rugi. Penyederhaan lain untuk model ini ialah “Penjualan – Produk – Biaya” selalu diasumsukan positif.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *