Peluang Usaha UKM bagi Ibu Rumah Tangga

2 min read

Sebagai manusia, kita dituntut untuk mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari agar mampu bertahan hidup. Dan bekerja adalah satu cara terbaik agar kita mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sebagai seorang ibu rumah tangga, sebagian besar waktu kita dihabiskan dengan mengurus rumah tangga dan terus berada di dalam rumah.

Sehingga banyak ibu rumah tangga yang merasa dilema, mereka dihadapkan pada dua pilihan antara menjadi wanita karir untuk membantu ekonomi keluarga, atau menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya untuk mengurus keluarga.

Namun, saat ini Anda bisa mendapatkan dua-duanya. Yakni menjadi ibu rumah tangga yang mampu membantu ekonomi keluarga.

Jalannya adalah dengan BERWIRAUSAHA !!!

Baca Strategi Sukses Mengembangkan Bisnis Bagi Pemula

Peluang Usaha UKM Yang Sesuai Untuk Ibu Rumah Tangga

Untuk membuka usaha dan menjadi seorang pebisnis, tidak harus memiliki modal yang besar. Anda para ibu rumah tangga bisa memanfaatkan peluang usaha UKM dengan jumlah modal yang lebih kecil sehingga lebih terjangkau. Diantaranya :

  1. Menjual Pulsa

Peluang usaha UKM yang pertama adalah dengan berjualan pulsa. Di zaman yang serba digital seperti saat ini, pulsa menjadi suatu kebutuhan bagi sebagian besar manusia, sehingga berjualan pulsa merupakan satu peluang usaha yang dinilai menjanjikan.

  1. Penjahit

Jahit menjahit adalah pekerjaan yang identik dengan kaum perempuan. Anda bisa mencoba satu peluang usaha ini.

Tidak harus memiliki mesin jahit modern atau kios khusus. Anda hanya perlu memanfaatkan sebagian ruangan yang ada di rumah Anda.

  1. Bisnis Online Shop

Peluang Usaha UKM satu ini sedang menjadi trend di berbagai kalangan dan di segala usia. Bisnis ini memberikan beragam kemudahan, baik bagi pelaku usaha maupun konsumen.

Anda bisa mencoba peluang usaha ini dengan menjual produk yang sesuai dengan Anda beserta lingkungan tempat Anda tinggal.

  1. Berjualan Sayur Mayur

Berjualan sayur di pagi hari juga sesuai untuk Anda. Namun Anda harus siap untuk bangun pagi, karena biasanya kulakan dimulai sekitar jam 02.00 pagi.

  1. Membuka Warung Sembako Depan Rumah

Anda bisa memanfaatkan sebagian teras rumah Anda untuk membuka warung sembako sederhana. Nanti laba dari usaha tersebut, bisa diputar kembali dan dijadikan modal agar warung sembako Anda bisa lebih besar dan berkembang.

  1. Berjualan Kerudung atau Busana Muslimah

Peluang usaha UKM selanjutnya adalah menjual fashion muslimah. Anda bisa menawarkannya pada teman pengajian, teman arisan, teman kumpul atau yang lainnya.

  1. Membuat Pernak-pernik atau Aksesoris Sederhana

Membuat aksesoris dinilai sangat sesuai untuk ibu rumah tangga. Anda bisa membuat bros untuk baju, bros untuk kerudung, gelang, kalung dan yang lainnya.

  1. Membuka Catering Makanan

Peluang usaha UKM catering makanan membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Anda akan membutuhkan modal hanya jika ada pesanan, dan modal tersebut akan cepat kembali ketika pesanan tersebut telah diambil.

  1. Membuat Makanan Ringan dan Dititipkan di Warung-warung

Anda bisa membuat keripik, gorengan atau camilan-camilan lain untuk kemudian di titipkan di warung-warung sekitar rumah.

  1. Membuat Kerupuk

Membuat kerupuk ini sangat mudah. Anda bisa membuatnya di sela-sela mengerjakan pekerjaan rumah. Dan kerupuk juga salah satu makanan yang sangat banyak diminati masyarakat kita, sehingga peluang usaha UKM satu ini dinilai cukup tepat dan menjanjikan.

  1. Berjualan Susu Kedelai

Membat susu kedelai sangatlah mudah. Manfaat dari minuman ini juga sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu, tenaga maupun modal untuk berjualan susu kedelai ini.

  1. Membuat Jamu

Peluang usaha UKM ini dinilai sangat sesuai jika target pelanggannya adalah ibu-ibu. Minuman ini sangat kondang dikalangan ibu-ibu, karena dipercaya memiliki banyak khasiat untuk tubuh.

  1. Membuat Kue Kering

Membuat kue kering sangatlah menyenangkan bagi wanita. Apalagi jika kegiatan menyenangkan ini dapat menghasilkan uang, pastilah lebih menyenangkan.

Demikianlah beberapa peluang usaha UKM yang bisa Anda coba. Anda bisa tetap mengurus rumah dan mendapatkan penghasilan tambahan dari usaha kecil Anda.

Baca Tips Mengelola Keuangan Usaha UKM 

Kunci sukses dalam mengelola usaha adalah Manajemen Keuangan Usaha yang baik. Hal ini akan membantu Anda dalam merintis dan mengembangkan usaha agar berkembang sesuai dengan yang diharapkan.

Manfaatkan Software Laporan Keuangan untuk membantu Anda me-manage usaha dengan lebih praktis, efektif dan efisien !!!