Pengertian Manajemen Keuangan untuk Perkembangan Bisnis

1 min read

Pengertian Manajemen keuangan adalah faktor utama bagi keberlangsungan suatu usaha, perusahaan, organisasi bahkan rumah tangga. Manajemen keuangan merupakan salah satu alat untuk mencapai tujuan keberhasilan secara finansial.

Manajemen keuangan juga merupakan salah satu disiplin ilmu manajemen, yang saat ini banyak diminati untuk dipelajari. Karena ilmunya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di segala bidang. Terutama dalam hal usaha, baik bagi perintis usaha maupun yang sudah berpengalaman dalam usaha.

#1. Pengertian Manajemen Keuangan

Menurut James dan John dalam bukunya Dasar-dasar Manajemen Keuangan, mengatakan bahwa “Manajemen keuangan berkaitan dengan perolehan modal, pendanaan serta manajemen aset yang didasari dengan beberapa tujuan umum”.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa manajemen keuangan merupakan suatu aktivitas dalam perusahaan untuk mengelola keuangan, baik dalam hal mencari modal usaha, menggunakan modal usaha, serta mengatur aset yang dimiliki oleh perusahaan dengan tujuan utama semua perusahaan secara umum, yaitu untuk memperoleh kesejahteraan bagi pemilik usaha maupun kesejahteraan bagi karyawan yang ikut bekerja dalam perusahaan tersebut.

#2. Kegiatan Pokok dalam Manajemen Keuangan

Dari definisi manajemen keuangan yang telah dipaparkan di atas, dapat ditarik keismpulan bahwa kegiatan manajemen keuangan memiliki beberapa kegiatan pokok, diantaranya:

  • Manajemen Keuangan dalam hal pencarian modal. Modal merupakan hal pokok yang harus dimiliki oleh para pelaku usaha. Modal bisa di dapatkan melalui tabungan pribadi pemilik usaha, investor, maupun dengan meminjam di bank.
  • Manajemen Keuangan dalam hal pengelolaan atau alokasi modal usaha. Kegiatan ini dapat berupa menggunakan modal yang telah di dapat untuk biaya operasional usaha, membayar hutang, maupun digunakan untuk investasi, misalnya membeli aset perusahaan guna perkembangan usaha.
  • Manajemen Keuangan dalam hal mengatur aset yang dimiliki oleh perusahaan. Aset perusahaan merupakan salah satu faktor utama untuk penunjang berkembangnya suatu usaha. Sehingga pengelolaan yang baik pada aset perusahaan diharapkan dapat membuat pendapatan usaha semakin meningkat.

#3. Pentingnya Manajemen Keuangan bagi Perkembangan Usaha

Kegiatan manajemen keuangan dalam bisnis tidak hanya mencakup pencatatan transaksi keuangan yang dilakukan dalam mengembangkan usaha, namun dalam artian lebih luas yakni menyangkut pengaturan keuangan agar perusahaan tidak terlalu banyak melakukan pengeluaran meski tetap siap mengeluarkan pengeluaran untuk kebutuhan mendadak, serta dalam hal membagi laba perusahaan.

Bagi seorang pebisnis, memiliki pemasukan yang baik adalah tujuan utama dari sebuah usaha. Namun jika pemasukan atau penghasilan yang baik itu tidak di imbangi dengan manajemen keuangan yang baik, tentunya hal tersebut akan menghambat perkembangan dari suatu usaha.

Melakukan pengaturan dan kontrol yang baik pada manajemen keuangan usaha merupakan hal mutlak yang harus dilakukan oleh para pelaku bisnis, agar usaha yang digelutinya dapat berkembang dengan baik dan kesejahteraan bagi pemilik serta karyawan perusahaan dapat terpenuhi.

Jika Anda ingin mempermudah aktivitas Anda dalam melakukan pelaporan keuangan, DOWNLOAD ProMoney~ sebuah aplikasi akuntansi yang mudah dan praktis.

Anda bisa mendapatkan ProMoney hanya dengan menDOWNLOAD secara GRATIS pada Google Play Store menggunakan smartphone Anda. Segera DOWNLOAD aplikasinya, dan segeran rasakan beragam menu serta fitur istimewanya yang berguna bagi pengelolaan usaha Anda.