Sikap yang Wajib Dimiliki Pebisnis Pemula dalam Merintis Usaha

2 min read

Dunia bisnis menjanjikan kesuksesan dan penghasilan yang besar bagi para pelakunya. Tentunya para pelaku bisnis yang memiliki sikap dan mental dengan kriteria tertentu.

Karena tidak semua pebisnis mampu terus berjalan hingga ke puncak. Beberapa dari mereka ada yang jatuh, ada yang memutuskan berhenti dan tidak melanjutkan perjalanan karena telah merasa puas dengan pencapaiannya, namun ada juga yang terus berinovasi dan mengembangkan bisnisnya sampai akhir.

Kita sebagai manusia diberikan modal yang sama oleh Tuhan. Waktu kita sama 24 jam, panca indra kita juga sama.

Lantas kenapa pengusaha memiliki tingkat kesuksesan yang berbeda-beda dalam menjalankan bisnisnya ???

Jawabannya adalah waktu yang mereka pergunakan untuk belajar berbeda-beda. Baik belajar mengenai strategi berbisnis, belajar mengenai pengalaman, maupun belajar mengenai kehidupan.

Karena orang-orang yang beriman dan berilmu, pasti akan dilebihkan derajatnya.

#1. Sikap Pebisnis yang Wajib Dimiliki dalam Merintis dan Mengembangkan Usaha

Berikut beberapa sikap pebisnis yang wajib dimiliki oleh para pelaku usaha agar sukses dalam merintis bisnisnya :

  1. Optimis

Sikap pebisnis pertama yang harus dimiliki adalah optimis. Dunia bisnis penuh dengan segala kemungkinan, baik kemungkinan sukses maupun kemungkinan gagal.

Jika Anda senantiasa bersikap optimis, Anda akan lebih mudah dalam melangkah. Dan jika-pun bisnis Anda gagal, Anda akan menganggapnya sebagai ‘pelajaran dari pengalaman’ sehingga bersedia untuk memulainya lagi.

  1. Bersedia Terus Belajar

Anda harus bersedia belajar sepanjang hidup. Sikap pebisnis ini akan menghantarkan Anda pada kemampuan yang baik (jeli) dalam menilai berbagai situasi dan keadaan.

Karena Anda bersedia belajar dari pengalaman sebelumnya secara pribadi, maupun belajar dari pengalaman orang lain.

  1. Pandai Menciptakan Peluang

Sikap pebisnis selanjutnya adalah kemampuan yang baik dalam menciptakan peluang.

Contohnya ada 2 pebisnis yang sedang berada di bank, dan bank tersebut ternyata di datangi perampok. Pebisnis pertama yang memiliki sikap pesimis akan berpikir “habislah diriku sekarang”.

Sementara pebisnis kedua merupakan orang yang senantiasa berpikir positif sehingga senantiasa mampu menciptakan peluang, akan berpikir “ini pengalaman sangat berharga. Aku bisa menulis pengalaman ini sebagai berita, dan bisa mendapatkan uang dari itu”.

Mari kita lihat betapa indahnya hidup ini jika kita senantiasa berpikiran positif.

  1. Tidak Takut dengan Kegagalan

Anda tentunya mengenal restoran cepat saji McDonald’s. Tahukah Anda, bahwa pemilik usaha resto tersebut telah ditolak ratusan kali ketika berusaha memperkenalkan (merintis) bisnisnya. Semua orang berpikir “mustahil menjual burger bisa menjadi bisnis yang sukses”.

Baca Tips Mengelola Keuangan UKM

  1. Senantiasa Bersiap dengan Kemungkinan Terburuk dalam Bisnis

Jatuh bangun dalam dunia bisnis itu adalah hal yang wajar. Jika Anda ingin menekuni dunia bisnis, Anda harus siap dengan segala kemungkinan yang terjadi.

Sikap pebisnis ini yang akan menjadikan Anda pengusaha yang memiliki mental kuat, serta memiliki sikap yang sigap dan cekatan dalam menghadapi segala kondisi.

  1. Tidak Mudah Merasa Puas

Ada 5 anak muda yang berkeinginan naik ke puncak gunung, untuk kemudian menikmati indahnya panorama bersama-sama.

Setelah beberapa jam berjalan, mereka memutuskan untuk beristirahat sejenak.

Setelah beristirahat, 3 anak muda memutuskan untuk berhenti mendaki karena telah jatuh cinta dengan pemandangan saat itu, sehingga dirinya enggan meninggalkannya.

2 orang yang lain memutuskan untuk terus berjalan, hingga sampai ke puncak gunung dengan pemandangan yang luar biasa. Jauh lebih indah dibanding tempat mereka berlima beristirahat tadi.

Sebagian dari kita terlalu mudah merasa puas dengan pencapaian, sehingga enggan untuk berusaha lebih. Sikap ini adalah ‘sikap terlarang’ bagi seorang pebisnis.

  1. Bersedia untuk Bekerja Lebih

Sikap pebisnis berikutnya adalah kesediaan untuk bekerja lebih. Jangan melihat orang lain, berfokuslah pada diri Anda.

Karena seorang pebisnis dituntut untuk senantiasa belajar, berpikir dan bekerja demi kesuksesan dari usaha Anda. Yang tentunya akan berdampak pada kesejahteraan Anda dan keluarga tercinta.

Baca Strategi Sukses Mengembangkan Usaha Bagi Pebisnis Pemula

  1. Pribadi yang Tekun dan Ulet

Sikap pebisnis ini saling berkaitan satu sama lain. Seorang pebisnis harus tekun dan ulet untuk terus belajar dan bekerja memenuhi tanggung jawabnya, pada situasi apapun bahkan pada situasi tersulit sekalipun.

  1. Memiliki Daya Kreativitas yang Tinggi

Kreativitas yang tinggi merupakan sikap pebisnis yang mutlak untuk dimiliki. Hal ini karena dunia bisnis senantiasa mengikuti trend, sehingga jika tidak memiliki daya kreativitas dan inovasi, tentunya bisnis Anda akan ketiggalan.

  1. Mau Mendengar Saran dan Kritik dari Orang Lain

Seorang pebisnis harus terbuka dengan kritik dan saran dari orang lain, tentunya hanya kritik dan saran yang membangun.

Namun jika kritik dan saran tersebut bertujuan untuk mencemooh, sebaiknya bersikaplah seperti ‘cerita katak tuli’.

Demikianlah beberapa sikap pebisnis yang wajib dimiliki jika ingin merintis sebuah usaha.

Tidak ada yang instan di dunia ini. Berusahalah dengan semaksimal mungkin dan lakukanlah yang terbaik. Selanjutnya biarkan Tuhan yang menentukan hasil akhirnya.

Download Demo Software Manajemen Keuangan GRATIS,  Klik Disini !!!