Usaha Kreatif Anak Muda Masa Kini

1 min read

Usaha Kreatif Anak Muda Jaman Now – Pemuda adalah aset bagi bangsa, karena seperti apa bangsa ini di masa mendatang akan bergantung pada kondisi pemuda di masa kini. Jika kita memperhatikan sekitar, kita akan mendapati beraneka ragam anak muda dengan karakteristiknya masing-masing. Mulai dari yang hobi bolos sekolah, nongkrong di warnet, atau belanja di mall. Hingga pemuda yang sibuk belajar mengukir prestasi demi masa depannya.

Tidak hanya melulu soal belajar teori, namun banyak juga pemuda yang sedari dini sudah belajar menjadi entrepreneur yang handal. Salah satunya adalah dengan menciptakan berbagai peluang usaha kreatif. Usaha kreatif yang diciptakan anak muda masa kini tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena pada kenyataannya mereka mampu menciptakan cara-cara yang lebih unggul dalam memperkenalkan produknya kepada masyarakat.

#1. Macam Usaha Kreatif Anak Muda Masa Kini

Berikut beberapa macam usaha kreatif anak muda yang memiliki penghasilan cukup menjanjikan, diantaranya :

  • Online shop. Usaha kreatif anak muda yang memiliki penghasilan cukup menjanjikan, salah satunya adalah online shop. Karena usaha kreatif ini memanfaatkan sosial media yang tidak asing di kalangan remaja, namun hampir semua orang dari berbagai kalangan juga menggunakannya. Waktu yang terpakai juga cenderung lebih pendek jika dibandingkan menjual barang di toko, sehingga usaha kreatif ini sesuai jika ditekuni sebagai usaha sampingan bagi pelajar maupun mahasiswa.
  • Membuka Jasa Les Privat. “sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui”-── Peribahasa tersebut nampaknya sesuai jika digunakan pada pemuda yang memilih usaha kreatif anak muda berupa menjadi guru les privat. Hal tersebut dikarenakan, selain mendapatkan penghasilan tambahan, dirinya juga dapat mengulang kembali pembelajaran yang pernah diterimanya semasa sekolah dulu sehingga ilmunya tidak hilang ditelan waktu.
  • Warung Kopi. Nongkrong adalah suatu kewajiban bagi anak muda, karena kegiatan tersebut dinilainya mampu melepas penat setelah berkutat dengan rutinitas. Usaha kreatif anak muda ini dinilai berpenghasilan cukup menjanjikan, meski modal yang dibutuhkan juga lumayan besar. Namun bukan berarti usaha kreatif ini mustahil dijalankan oleh anak muda, karena mereka bisa mendapatkan modal dengan cara bekerja sama dengan teman-temannya.
  • Kuliner. Usaha kreatif anak muda selanjutnya adalah makanan. Seperti dalam kutipan iklan “nongkrong makan, ngerjakan tugas makan, main kerumah teman makan….”, seolah semua kegiatan tidak bisa lepas dari makanan. Biasanya anak muda yang berbisnis kuliner, mereka sangat pandai menarik perhatian dengan pemberian nama makanan yang unik dan menciptakan kreasi baru pada makanan jaman dahulu.

#2. Menjaga Kestabilan Keuangan pada Usaha Kreatif Anak Muda

Bagi pebisnis yang masih berada pada rentang usia muda, biasanya mereka sering mencoba hal-hal baru pada usahanya yang bisa jadi dilakukan tanpa perhitungan yang matang di awal. Salah satu contohnya seperti dalam hal membuat perencanaan dan pengelolaan keuangan. Beberapa diantaranya tidak jeli untuk memisahkan antara penghasilan khusus hasil usaha kreatif dengan penghasilan dari sumber lain, sehingga mereka tidak dapat menghitung dengan rinci untung-rugi dari usaha mereka. Pada akhirnya mereka memiliki kontrol keuangan yang kurang dalam usahanya.

Sebaiknya para pebisnis usaha kreatif yang baru menekuni usahanya maupun yang sudah berpengalaman di bidangnya, mencoba memanfaatkan ProMoney untuk membantu mereka dalam mengecek dan mengontrol keuangan bisnisnya”.

ProMoney merupakan sebuah aplikasi akuntansi yang dapat membantu Anda dalam mencatat serta menyimpan beragam transaksi keuangan yang telah dilakukan, baik pribadi maupun usaha. Dapatkan ProMoney secara GRATIS dengan cara menDOWNLOAD pada Google Play Store menggunakan smartphone Anda.